Goa Maria Banyuwangi

Gua Maria Jatiningrum Banyuwangi yang terletak di Desa Curah Jati Banyuwangi merupakan salah satu tempat ziarah umat Katolik dan merupakan tempat ideal untuk meditasi sebagai sarana berdevosi dan penghormatan kepada Bunda Maria.

Katolik-RomaPada tahun 1956, Pastur Borggreve Ocarm bertugas di Dusun Curahjati sebagai Pastor Paroki. Ia mempunyai niat untuk menghormati Bunda Maria kemudian memanfaatkan tanah di dekat gereja yang dialiri sungai. Bersama umat Katolik di Curahjati, ia mengangkut bebatuan dari sungai untuk membangun Gua Maria ini. Beberapa tokoh umat, seperti keluarga Van Prehn dari Glenmore, Banyuwangi dan Bapak Karto Riyadin, membantu pembangunan Gua Maria hingga mendatangkan patung dari Yogyakarta.

Keberadaan Goa Maria Curahjati mendapatkan perhatian khusus dari tokoh Katolik di masa itu dan kemudian diberkati oleh Mgr AEJ Albers Ocarm pada tahun 1956. Untuk bisa menjadi tempat berdevosi kepada Bunda Maria bagi umat setempat dan paroki sekitarnya.

Katolik dan KristenGoa Maria ini berada di dalam wilayah Paroki Ratu Para Rasul Curahjati, Keuskupan Malang. Awalnya,  Gua Maria Curahjati dikenal dengan nama Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit. Yang kemudian pada tahun 1995, Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit berganti nama menjadi Gua Maria Jatiningrum.

NEXT → Lokasi

About sewabusbwi

Sewa Bus Excecutive Class || Big Bus 43, 47, 55, 59 Seat AC || Medium Bus 17, 25, 30, 32 Seat AC

Posted on 15 June 2015, in Objek Wisata and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

